Jumat, 20 Desember 2013

Sejarah Nama OS Android

Selain Makanan, Nama OS Android Miliki Arti Lain

  

Kata Android berasal dari nama sebuah perusahaan dari Palo Alto, California bernama Android Inc. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 22 Oktober 2003 oleh Andy Rubin (Co-Founder Danger), Rich Miner (Co-Founder Wildfire Communications Inc), Nick Sears (VP T-Mobile), dan Chris White (Pimpinan desain dan Interface Development di WebTV).

Pada tanggal 17 Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Inc. Semua orang yang ikut dalam pengembangan awal Android SDK masuk dalam satu paket pembelian Android Inc termasuk pendiri-pendirinya. Di awal akuisisi tersebut, Google tidak menunjukkan gelagat apa-apa dan hanya ingin mengembangkan Android SDK saja.

Namun, seiring dengan waktu berjalan, terdapat rumor bahwa Google mempunyai rencana untuk masuk ke dunia mobile yang saat itu masih dikuasai oleh Symbian dan Windows Mobile.

Perlahan namun pasti, akhirnya segala spekulasi tersebut terjawab dengan terciptanya prototype operating system Android yang dapat bekerja hampir di semua handset dan PDA serta jaringan operator sekitar awal tahun 2007.

Terhitung sejak mulai merambah dunia mobile, Google telah banyak merilis versi dari Android tersebut. Namun uniknya, semua versi Android tersebut menggunakan nama makanan.

Ternyata tidak hanya berdasarkan makanan saja, pemilihan nama-nama tersebut juga didasarkan dari abjad. Seperti contohnya, Cupcake (C), Donut (D), Eclair (E), Froyo (F), Gingerbread (G), HoneyComb (H), Ice Cream (I), Jelly Bean (J) dan yang akan dirilis sebentar lagi adalah KitKat (K).

Lantas bagaimana dengan huruf A dan B? Kenapa langsung meloncat ke huruf C?

Juru Bicara Google Randall Safara pernah menjelaskan bahwa sebenarnya huruf A dan B pernah digunakan sebagai penanda versi Android yang pertama, namun karena suatu masalah maka 2 versi tersebut urung dirilis ke publik.

Kabarnya, huruf A adalah mewakili Android 1.0 Astro Boy dan huruf B adalah Android 1.1 Bender. Dikarenakan terjadinya komplain dari perusahaan yang terlebih dahulu menggunakan hak paten nama itu, maka Google tidak menggunakannya lagi.

Akan tetapi, seperti yang dikutip dari Android Police (11/09), Jean-Baptiste Queru, Dianne Hackborn dan Romain Guy, 3 orang teknisi di divisi Android mengatakan bahwa sebenarnya Android 1.1 memiliki kode nama Petit Four dan Android 1.0 tidak memiliki kode nama sama sekali.

Apabila Android 1.0 tidak memiliki nama dan Android 1.1 adalah Petit Four, jadi pertanyaannya tetap sama yaitu kenapa Google tidak menggunakan huruf A dan B? Yang pasti selain menggunakan nama makanan, Google sepertinya ingin membuat versi demi versi dari Android berurutan menurut abjad.

Sumber: Android Police, Wikipedia, Android, Know a Head, merrdeka.com

 

Tidak ada komentar: